Music

Senin, 22 Oktober 2012

Tes Intelegensi


SATUAN  ACARA  PENGAJARAN
(SAP)


Mata  Kuliah                 :  Tes  Inteligensi  dan  bakat

Kode  Mata  Kuliah        :  TIB  243/3  SKS

SKS                             :  3

Waktu  Pertemuan       :  150  menit

Pertemuan  ke              :  13

A. Tujuan Instruksional 

    1. Umum


Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa Fakultas Psikologi mampu menjelaskan hakekat dan konsep-konsep dasar inteligensi dan bakat, serta jenis-jenis tes inteligensi dan tes bakat.


Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa Fakultas Psikologi mampu melaksanakan administrasi pada tes inteligensi dan tes bakat yang berada pada tipe B.



2.     Khusus
Mahasiswa  fakultas  Psikologi  mampu:
a.      Menjelaskan  pengertian  minat
b.      Menjelaskan  teori  dasar  tes  minat
c.       Menjelaskan  perbedaan  tes  bakat,  minat  dan  tes  intelegensi

B.    Pokok  Bahasan       :  Pengertian  minat

C.    Sub  Pokok  Bahasan
a.      Pengertian  minat
b.      Perbedaan  tes  minat  dan  tes  bakat
c.       Sejarah  munculnya  tes  minat
d.      Jenis-jenis  tes  minat






Kegiatan
Media  dan

Tahap


Kegiatan  Pengajar
Alat



Mahasiswa





Pengajaran







Pendahuluan
1.
Menjelaskan  cakupan  materi  dalam
Memperhatikan
Laptop  dan



pertemuan  ke-13.

LCD


2.
Menjelaskan  manfaat  mempelajari  Tes
Memperhatikan
Proyektor



Minat




3.
Menjelaskan  kompetensi-kompetensi
Memperhatikan




dalam  TIU  dan  TIK  untuk  pertemuan





ke-13



Penyajian
1.
Menjelaskan  Pengertian  minat:
Memberikan
Papan  tulis,



a.
Menanyakan  pengertian  mahasiswa
sumbang  saran
Laptop+LCD




tentang  pengertian  minat








pertanyaan.

Penutupan
7.
Menutup  pertemuan  :
Menyajikan
Laptop


a.
Meminta  mahasiswa  untuk
hasil  yang  telah
LCD



mempresentasikan  hasil
diselesaikan.
Proyektor



kelompok  dengan  memilih  3

--



kelompok  secara  acak




b.
Mengundang  komentar  atau
Memberikan




pertanyaan  dari  mahasiswa  lain.
komentar  atau





pertanyaan





tentang





inteligensi



c.
Memberikan  penilaian  yang
Memperhatikan




berupa  komentar  tentang
dan  mencatat




kebaikan  dan  kekurangan
komentar




mengenai  inteligensi  yang
pengajar




disajikan




d.
Menugaskan  mahasiswa  untuk
Menambahkan




menambahkan  hal-hal  yang
hal-hal  yang




belum  terangkum  dalam  hasil
belum  tertulis




diskusi  kelompok




e.
Memberikan  gambaran  umum
Mendengarkan




mengenai  materi  selanjutnya




f.
Meminta  mahasiswa  untuk
Mendengarkan




membagi  kelompok  dan





mencari  bahan  mengenai  pokok





bahasan  yang  akan  diajarkan





pada  pertemuan  14.


 
 
Sumber  Kepustakaan:
Sadli,S.  1986.  Inteligensi  Bakat  dan  Tes  IQ.  Gaya  Favorit  Press.

Mangunsong, Frieda., Susanto, Susanna W., Rudyanto, Maryam,. 1993. Psikologi Pendidikan. Depok : Jurusan Pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia