SATUAN
ACARA PENGAJARAN
(SAP)
Mata Kuliah : Tes
Inteligensi dan bakat
Kode Mata
Kuliah : TIB 243/3
SKS
SKS : 3
Waktu Pertemuan : 150
menit
Pertemuan ke : 13
A. Tujuan
Instruksional
1. Umum
1. Umum
Setelah mengikuti kuliah ini,
mahasiswa Fakultas Psikologi mampu menjelaskan hakekat dan konsep-konsep dasar
inteligensi dan bakat, serta jenis-jenis tes inteligensi dan tes bakat.
Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa
Fakultas Psikologi mampu melaksanakan administrasi pada tes inteligensi dan tes
bakat yang berada pada tipe B.
2.
Khusus
Mahasiswa
fakultas Psikologi mampu:
a.
Menjelaskan
pengertian minat
b.
Menjelaskan teori dasar
tes minat
c.
Menjelaskan
perbedaan tes bakat,
minat dan tes
intelegensi
B. Pokok
Bahasan : Pengertian
minat
C.
Sub Pokok Bahasan
a.
Pengertian minat
b.
Perbedaan tes minat
dan tes bakat
c.
Sejarah munculnya tes
minat
d.
Jenis-jenis tes minat
|
|
|
|
Kegiatan
|
Media dan
|
|
Tahap
|
|
|
Kegiatan Pengajar
|
Alat
|
|
|
|
|
Mahasiswa
|
|
|||
|
|
|
|
Pengajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pendahuluan
|
1.
|
Menjelaskan cakupan
materi dalam
|
Memperhatikan
|
Laptop dan
|
|
|
|
|
pertemuan ke-13.
|
|
LCD
|
|
|
|
2.
|
Menjelaskan manfaat
mempelajari Tes
|
Memperhatikan
|
Proyektor
|
|
|
|
|
Minat
|
|
|
|
|
|
3.
|
Menjelaskan kompetensi-kompetensi
|
Memperhatikan
|
|
|
|
|
|
dalam TIU
dan TIK untuk
pertemuan
|
|
|
|
|
|
|
ke-13
|
|
|
|
|
Penyajian
|
1.
|
Menjelaskan Pengertian
minat:
|
Memberikan
|
Papan tulis,
|
|
|
|
|
a.
|
Menanyakan pengertian
mahasiswa
|
sumbang saran
|
Laptop+LCD
|
|
|
|
|
tentang pengertian
minat
|
|
|
|
|
|
|
|
pertanyaan.
|
|
Penutupan
|
7.
|
Menutup pertemuan
:
|
Menyajikan
|
Laptop
|
|
|
|
a.
|
Meminta mahasiswa
untuk
|
hasil yang
telah
|
LCD
|
|
|
|
mempresentasikan hasil
|
diselesaikan.
|
Proyektor
|
|
|
|
kelompok dengan
memilih 3
|
|
--
|
|
|
|
kelompok secara
acak
|
|
|
|
|
b.
|
Mengundang komentar
atau
|
Memberikan
|
|
|
|
|
pertanyaan dari
mahasiswa lain.
|
komentar atau
|
|
|
|
|
|
pertanyaan
|
|
|
|
|
|
tentang
|
|
|
|
|
|
inteligensi
|
|
|
|
c.
|
Memberikan penilaian
yang
|
Memperhatikan
|
|
|
|
|
berupa komentar
tentang
|
dan mencatat
|
|
|
|
|
kebaikan dan
kekurangan
|
komentar
|
|
|
|
|
mengenai inteligensi
yang
|
pengajar
|
|
|
|
|
disajikan
|
|
|
|
|
d.
|
Menugaskan mahasiswa
untuk
|
Menambahkan
|
|
|
|
|
menambahkan hal-hal
yang
|
hal-hal yang
|
|
|
|
|
belum terangkum
dalam hasil
|
belum tertulis
|
|
|
|
|
diskusi kelompok
|
|
|
|
|
e.
|
Memberikan gambaran
umum
|
Mendengarkan
|
|
|
|
|
mengenai materi
selanjutnya
|
|
|
|
|
f.
|
Meminta mahasiswa
untuk
|
Mendengarkan
|
|
|
|
|
membagi kelompok
dan
|
|
|
|
|
|
mencari bahan
mengenai pokok
|
|
|
|
|
|
bahasan yang
akan diajarkan
|
|
|
|
|
|
pada pertemuan
14.
|
|
|
Sumber
Kepustakaan:
Sadli,S.
1986. Inteligensi Bakat
dan Tes IQ.
Gaya Favorit Press.
Mangunsong, Frieda., Susanto, Susanna W.,
Rudyanto, Maryam,. 1993. Psikologi Pendidikan. Depok : Jurusan
Pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia